Tips Memiliki Tabungan Melimpah


Kita semua pasti sangat ingin memiliki tabungan yang melimpah. namun kenyataannya gaji kita dalam sebulan hanya pas-pasan. Jangankan menabung, kadang untuk kebutuhan sehari-hari saja kurang. Meskipun demikian kita tidak boleh pesimis. Karena, siapapun anda, apa jabatan dan profesi anda berhak untuk memiliki tabungan yang melimpah. Tabungan sangat penting bagi kehidupan kita yang akan datang. Karena boleh kita saat ini meiliki pekerjaan, namun beberapa tahun lagi kita tidak tahu apakah kita masih memiliki pekerjaan atau tidak. Yang jelas kita harus memulai menabung dari sekarang. 

Tabungan sendiri ada berbagai macam, diantaranya:

1.      Tabungan Pembangunan Nasional atau Tabanas, adalah bentuk tabungan yang tidak terikat oleh jangka waktu dengan syarat penyetoran dan pengambilan, tabanas pertama kali diatur pada tahun 1971. Tabanas terdiri dari:
2.      Tabanas Umum, tabanas yang berlaku bagi perorangan yang dilaksanakan secara sendiri-sendiri oleh penabung yang bersangkutan.
3.      Tabanas Pemuda, Pelajar dan Pramuka yaitu tabanas khusus yang dilaksanakan secara kolektif melalui organisasi pemuda, sekolah dan satuan pramuka yang pertama kali diatur dalam piagam-piagam kerja sama antara Bank Indonesia dan departemen PDK serta Depdagri dan antara Bank Indonesia dan Kwarnas Pramuka, pada tanggal 22 Februari 1974.
4.      Tabungan Pegawai, tabanas khusus para pegawai dari semua golongan kepangkatan di lingkungan departemen/lembaga/instansi Pemerintah dan Perusahaan Pemerintah maupun Swasta yang pelaksanaan penyetorannya dilakkukan secara kolektif.
5.      Taska, merupakan tabungan yang dikaitkan dengan asuransi jiwa, yang pertama kali diatur tahun 1971.
6.      Tabungan ONH, tabungan ongkos untuk naik haji atas nama calon Jemaah haji untuk setiap musim haji yang bersangkutan. Besarnya setoran dimuka berdasarkan prinsip diskonto untuk setiap musim haji, ditetapkan pertama kali oleh Keppres pada tahun 1969.
7.      Tabungan lainnya, merupakan tabungan selain Tabanas dan Taska, misalnya tabungan dari pegawai bank sendiri yang bukan Tabanas dan Taska atau tabungan masyarakat pada bank-bank lain yang bukan penyelenggara Tabanas ataupun Taska.

Setelah kita tahu macam-macam tabungan maka yang harus kita lakukan selanjutnya yaitu bagaimana mengelola pemasukan kita setiap hari atau setiap bulan. Ada beberapa cara agar menabung kita sukses. 
  1.   Mengusahakan agar tidak membeli barang yang tidak penting.
  2.  Mencatat kebutuhan pokok apa saja yang harus dibeli setiap hari/bulan.
  3.  Menghemat penggunaan listrik dan pam.
  4.  Menggunakan pulsa seluler dengan bijak sesuai kepentingan.
  5.  Jika bekerja dikantor, usahakan membawa bekal yang dibuat istri.
  6.  Menggunakan Transportasi umum, selain untuk berhemat. Kita juga juga berperan dalam          mengurangi kemacetan dan polusi udara.
itulah beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi yang ingin memulai untuk serius menabung.




Tentang Penulis
Nama Saya Muhammad Lilik Aryanto Ardi biasa dipanggil Ardi, butuh bantuan bisa hubungi saya & jangan lupa subscribe ya !

Previous
This is the oldest page